BeritaMakaleTana Toraja

APDESI Tator Gelar Buka Puasa Bersama, Pradyan: Upaya Kami Jaga Toleransi

×

APDESI Tator Gelar Buka Puasa Bersama, Pradyan: Upaya Kami Jaga Toleransi

Sebarkan artikel ini

APDESI Tana Toraja buka puasa bersama warga dan pemuda di Masjid Baiturrahman To’kaluku, Makale.

Ramapos.com, Tana Toraja – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar buka puasa bersama.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Baiturrahman To’kaluku, Makale, itu mengangkat tema “Nikmatnya Berbagi, Indahnya Kebersamaan dalam Jalinan Persaudaraan dan Toleransi”.

Buka puasa ini merupakan salah-satu program kerja Apdesi yang digelar perdana di bawah kepemimpinan Pradyan Risky Londong Allo yang akrab disapa Bung Iin.

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg, Kepala Kejaksaan Negeri Erianto Laso’ Paundanan, tokoh agama, seluruh pengurus Apdesi Tana Toraja, ketua organisasi kepemudaan dan tamu undangan.

“Buka puasa ini upaya kami (APDESI) untuk mempererat silaturahmi sesama kita. Dimana kami telah berniat dan sepakat untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga dan merawat toleransi antar umat beragama,” kata Bung Iin.

“Sehingga generasi kedepannya tidak ada lagi yang saling melakukan hal-hal yang membuat satu sama lain merasa tersinggung,” jelasnya.

Kepala Lembang Batualu Selatan itu berharap semua pihak turut berkontribusi merawat toleransi antar umat di kabupaten Tana Toraja. Kata dia, lebih baik mencegah daripada mengobati persoalan sara di kemudian hari.

“Kami keluarga besar Apdesi Tator sangat berharap kepada seluruh masyarakat mari bergandengan tangan menjaga dan merawat nilai-nilai toleransi. Jangan sampai hal-hal yang kecil kita sepelehkan sehingga berdampak besar,” tuturnya.

Dia juga mengungkapkan tugas dan tanggung jawab pemerintah desa tidak sekedar mengelolah dan mensejahterakan masyarakat, namun memperhatikan segi keamanan, ketertiban dan segala sektor yang ada termasuk menjaga kerukunan antar umat.

Bung Iin juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa tahun 2024. Dia berharap, bulan suci menjadi moment memperbaiki diri menjadi lebih baik.

“Seluruh pengurus APDESI Tana Toraja mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga bulan yang suci ini kita semakin berbenah menjadi manusia yang lebih baik dan kembali menjadi manusia yang suci,” ujarnya.