Berita

Angelica Bagi Pengalaman dengan Mahasiswa di Expo & Talkshow UKI Toraja: Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

×

Angelica Bagi Pengalaman dengan Mahasiswa di Expo & Talkshow UKI Toraja: Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Sebarkan artikel ini
Guest speaker Expo and Talk Show UKI Toraja, Angelica Batara
Guest speaker Expo and Talk Show UKI Toraja, Angelica Batara

Tana Toraja, Ramapos.com – “Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain karena membandingkan dirimu dengan orang lain sama dengan kanker, menggerogoti diri dari dalam”.

Pesan tersebut disampaikan Angelica Batara, alumni University Of Bristol, Inggris saat menjadi narasumber di acara Expo dan Talk Show UKI Toraja 2023 di Aula Kampus 1 UKI Toraja, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (23/9/2023).

Di hadapan mahasiswa/i UKI Toraja, Putri sulung Ketua DPD Golkar Tana Toraja Victor Datuan Batara itu menceriterakan pengalaman selama menempuh pendidikan di Inggris.

Kata dia, di negara tempatnya menempuh pendidikan banyak orang sukses yang mengawali karirnya dari jenjang dasar. Namun, ada yang bahkan mampu melampaui kesuksesan mereka yang sebelumnya memang telah memiliki modal atau aset keluarga.

Menurut Angelica, kesuksesan tersebut hasil dari penerapan cara berpikir yang maju karena tidak membandingkan dirinya dengan orang lain.

Sebab, pesimis akan membuat kemampuan berkreasi dan berinovasi menjadi tidak maksimal. Sehingga, orang tersebut disibukan dengan pikiran yang tidak membangun bahkan tidak bermanfaat.

“Jangan pernah sekali-kali membandingkan dirimu dengan yang lain, itu membuat kita selalu berpikir susah menjadi dia karena kita melihat mereka hebat dalam segalanya dan susah untuk kita capai. Jadi jangan membandingkan dirimu dengan orang lain, itu akan membatasi dirimu sendiri untuk berkembang,” ungkapnya.

Dia berpesan agar berhenti memiliki pemikiran tersebut, yakin pada kemampuan diri sendiri dan mulai melakukan apa yang ingin dilakukan dengan penuh keyakinan, tidak putus asa dan bertanggung jawab.

“Kalau kamu tidak yakin dengan dirimu sendiri bagaimana kamu tahu kamu tidak bisa melakukan itu dan bagaimana kamu tahu kalau kamu tidak pernah mencobanya,” ungkapnya.

Lanjut kata dia, semua manusia punya kelebihan dan kekurangan dari Sang Pencipta dalam berpikir maupun tindakannya. Sehingga, setiap remaja, pemuda, putra putri, serta tua dan muda memiliki peluang yang sama menjadi orang yang lebih baik dengan jalan yang berbeda.

“Kita semua memang punya kekurangan tapi kita juga punya kelebihan. Semua bisa lebih dari dirinya saat ini selama tekun dan mau mencoba. Kalau kamu tidak mampu mengikuti orang itu kamu akan sukses di jalan lain, yakinlah dan jangan batasi dirimu,” pungkasnya.

Diketahui, Expo dan Talk Show UKI Toraja 2023 adalah acara terpadu yang diadakan oleh Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja yang bertujuan untuk menciptakan platform interaktif di mana berbagai bidang keilmuan, inovasi, dan gagasan dapat dipamerkan dan dibagikan kepada masyarakat luas.

Panitia menghadirkan Guest Speaker yakni Angelica Batara, B.Sc dan dr Giovani MBSS.

Kemudian guest star artis ibu kota yang sedang naik daun pelantung lagu Komang yakni Raim Laode.