BeritaMakaleSuara RakyatTana Toraja

Cegah Kemunduran Organisasi, IMTB Gelar Musyawarah Luar Biasa Gantikan Pengurus Lama

×

Cegah Kemunduran Organisasi, IMTB Gelar Musyawarah Luar Biasa Gantikan Pengurus Lama

Sebarkan artikel ini

Ikatan Mahasiswa Toraja Barat (IMTB) gelar musyawarah luar biasa gantikan pengurus lama

Ramapos.com, Tana Toraja – Nahkoda Ikatan Mahasiswa Toraja Barat (IMTB) resmi berganti usai digelar musyawarah luar biasa (Muslub) di sekretariat IMTB, Kelurahan Mamullu, Makale, beberapa waktu lalu.

Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO), Andarias Adi mengungkapkan, musyawarah digelar untuk mencegah organisasi IMTB mengalami kemunduran yang lebih jauh.

Pria yang akrab disapa Adi itu menambahkan, transformasi kepengurusan ini juga untuk mengingatkan kembali fungsi dan peran mahasiswa serta pemuda. Agar tidak terlena dan melupakan kewajiban membangun karakter generasi penerus, daerah serta bangsa.

“Musyawarah luar biasa telah memutuskan memberhentikan secara tidak hormat pengurus inti yakni Ganti Habel sebagai ketua umum, Herniati Lebang sebagai sekretaris, dan Sartika sebagai bendahara umum,” kata Adi dalam rilis tertulis yang diterima Ramapos, Jumat 26 April 2024.

“Selain diberhentikan tidak hormat, mereka telah dicabut hak dan status keanggotaannya dari organisasi karena telah lalai menjalankan tanggungjawabnya sehingga organisasi mengalami kemunduran besar,” jelasnya.

Diketahui, IMTB ialah organda terbesar Tana Toraja yang merupakan wadah berhimpun mahasiswa dari wilayah Barat Toraja, mencakup 11 kecamatan.

Sebagai organisasi terbesar, IMTB aktif menyuarakan aspirasi masyarakat, mengkritisi kebijakan yang tidak berpihak pada masyarakat dan telah banyak berkontribusi bagi masyarakat.

Beberpa waktu belakangan ini, IMTB mengalami kemerosotan lantaran pengurus tidak menjalankan program kerja.

Kendati demikian, DPO, BPO dan sejumlah kader sepakat menggelar musyawarah luar biasa untuk menggantikan pengurus lama yang tidak aktif.

“Dalam musyawarah luar biasa kami telah memilih pengurus baru IMTB periode 2024-2025 yang dinakodai salah satu kader yang dianggap mumpuni untuk melanjutkan estafet kepemimpinan yakni Noverius Rayu Barung selaku ketua umum ,Diyanto Somba sebagai wakil ketua umum, Arny Tanggulungan sebagai sekretaris umum, Rosmianti sebagai Bendahara umum,” ujarnya.

“Pengurus yang terpilih harus betul-betul menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan organisasi,” pungkasnya.

Sementara ketua terpilih, Noverius Rayu Barung menyatakan kesiapannya mengemban amanah yang dipercayakan atas dirinya. Dia juag berterimakasih telah diberi kesempatan menjabat ketua umum IMTB periode 2024-2025.

“Secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada forum atas kepercayaan dan kesempatan yang dimandatkan sebagai ketua umum IMTB,” ujarnya.

“Harapan saya kepada rekan pengurus, BPO, DPO dan semua kader IMTB agar kedepannya mengutamakan kekompakan, loyalitas kepada IMTB agar lebih maju membentuk kader-kader  yang berintegritas dan bertanggung jawab baik dalam organisasi maupun dalam masyarakat,” kata Noverius.

Salah seorang Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) Jurgen Sampealang juga menekankan pentingnya menjaga solidaritas untuk membesarkan organisasi. Sebab, organisasi kata dia mampu membentuk karakter pemuda menjadi lebih baik.

“Jaga terus solidaritas dan persaudaraan yang kokoh. Juga kepada segenap anggota agar menjunjung tinggi solidaritas dan loyalitas dimanapun mereka berorganisasi,” ujarnya.

“Maka sepantasnya memperlakukan organisasi dengan hormat sama seperti organisasi menghormati mereka. Kami ingin organisasi ini konsisten menjadi corong rakyat,” kata Jurgen, salah satu pendiri IMTB.