NasionalPolitikToraja Utara

Emak-emak Relawan KIPRA Toraja Utara Sulap Rumput Liar dan Barang Bekas Jadi Pohon Natal 

×

Emak-emak Relawan KIPRA Toraja Utara Sulap Rumput Liar dan Barang Bekas Jadi Pohon Natal 

Sebarkan artikel ini

Relawan KIPRA Toraja Utara turut berpartisipasi dalam lomba membuat dan menghias pohon natal bertajuk Toraja Light Festival (TLF)

Ramapos.com, Toraja Utara – Emak-emak relawan Kita Prabowo (Kipra) Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) ikut serta meramaikan lomba Toraja Light Festival (TLF) 2023.

TLF ialah lomba membuat dan menghias pohon Natal yang diselenggarakan oleh Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja dalam rangka memeriahkan perayaan Natal.

Di tangan relawan pemenangan calon presiden Prabowo-Gibran, rumput liar dan barang bekas dikreasikan menjadi pohon natal unik.

“Konsepnya kolaborasi bahan alam campuran modern. Tapi bahan moderennya hanya 10 persen seperti lampu natal, kertas dan bola plastik. 90 persen hiasannya dari bahan alam seperti bambu dan tumbuhan liar,” kata Metua Kipra Toraja Utara, Rusmita Pakondo, Jumat 22 Desember 2023.

Pohon Natal setinggi delapan meter dari rangka bambu itu berdiri kokoh menghiasi halaman kantor BPS Gereja Toraja, yang familiar dengan sebutan Tongkonan Sangulele.

Kata Rusmita, keikutsertaan Kipra Toraja Utara di TLF untuk meramaikan perayaan ibadah Natal, hari kelahiran Yesus Kristus.

“Menyambut sukacita kelahiran Yesus Kristus bukan saja mengalir lewat doa dan pujian, namun juga melalui ornamen Natal, itu yang menjadi motivasi kami ikut serta,” ujarnya.

Perempuan yang akrab disapa Ibu Dating Palembangan itu juga mengungkap, meski tak seindah pohon natal peserta lain, memanfaatkan barang bekas merupakan kepedulian terhadap alam karena mengurangi limbah sulit terurai.

“Pohon Natal kami dapat dimaknai bahwasanya sesuatu yang alami memberikan keindahan yang luar biasa sehingga bisa menumbuhkan rasa peduli kepada lingkungan dan bisa mengurangi pencemaran lingkungan,”

Dia berharap, pohon natal Toraja Light Festival menghiasi setiap sudut Bumi Pongtiku julukan Toraja Utara yang merupakan daerah wisata untuk menggaet wisatawan.