Hukum dan Kriminal

Ingat Agnes Gadis Asal Toraja yang Dibunuh di Morowali? Keluarga Sesalkan Sidang Kasusnya Digelar Online

×

Ingat Agnes Gadis Asal Toraja yang Dibunuh di Morowali? Keluarga Sesalkan Sidang Kasusnya Digelar Online

Sebarkan artikel ini
Agnes Retni Anggarini
Agnes Retni Anggarini

Tana Toraja, Ramapos.com – Pihak keluarga menyesalkan sidang perdana gadis asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Agnes Retni Anggarini (25) yang dibunuh dengan sadis di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), digelar secara daring oleh Kejaksaan Negeri Morowali, Selasa (19/9/2023).

Hal itu diungkapkan kakak laki-laki korban, Rudolf Kurnianto. Menurutnya, sidang online terkesan membatasi pihak keluarga.

Meski begitu dia menegaskan akan terus mengawal kasus tersebut walau tidak duduk di ruangan menyaksikan jalannya proses persidangan secara langsung. Dia juga memastikan tidak ada ruang permainan dalam proses peradilan adiknya.

“Tidak ada ruang-ruang permainan bagi oknum siapa pun dalam penanganan kasus ini. Keluarga akan tetap memastikan pengawalan kasus ini hingga sampai tuntas,” kata pria yang akrab disapa Udong kepada Ramapos.com, Kamis (21/9/2023) pagi.

Kata dia, sidang perdana itu merupakan tonggak awal dalam upaya mencari kebenaran kasus kematian adiknya yang dibunuh dengan cara sadis. Sehingga, peradilan menjadi tumpuan keluarga mencari keadilan.

Karena itu besar harapan keluarga agar sidang selanjutnya digelar secara luring. Sebab, mereka ingin mengawal kasus tersebut lebih dekat. Pihak keluarga juga berharap pihak kejaksaan menjalankan peradilan dengan bersih dan transparan.

“Kami menginginkan agar persidangan selanjutnya dilakukan secara tatap muka. Belum ada informasi resmi mengenai kapan persidangan selanjutnya akan berlangsung, namun keluarga berharap agar persidangan berikutnya dapat dilaksanakan secara offline,” katanya.

“Kami sangat berharap kedepan sidang dapat dilaksanakan secara langsung agar pihak keluarga dapat mengawal kasus ini lebih dekat dan juga untuk memastikan proses peradilan dapat berjalan transparan tanpa adanya intervensi dari pihak manapun,” Udong menambahkan.

Sebelumnya, gadis asal Tana Toraja bernama Agnes Retni Anggarini (25) ditemukan tewas di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Belakangan korban diketahui dibunuh oleh rekan kerjanya di PT Panca Pilar Sejahtera bernama Muh Jufri (33).

Awal kasus pembunuhan Agnes di Morowali bermula dari penemuan mayat korban di mess karyawan kantor tempat korban bekerja, yakni di Desa Bahodopi, Kecamatan Bahodopi, Morowali, pada Sabtu (13/5/2023). Mayat korban ditemukan dalam kondisi bersimbah darah.

“Korban (ditemukan) dalam keadaan tangan terikat, kaki terikat, kepala terbungkus, menggunakan kaus warna Biru, celana hitam dan banyak darah,” ujar Kapolres Morowali AKBP Suprianto, Minggu (14/5/2023).

Polisi berhasil menangkap pelaku pembunuhan Agnes Retni Anggarini. Alumni UKI Toraja itu dibunuh pria yang merupakan rekan kerja korban bernama Muh Jufri (33).

“Sebelum 1×24 jam langsung kita amankan Tersangka,” ujar Kasat Reskrim Polres Morowali Iptu Dicky Armana Surbakti kepada wartawan, Senin (15/5/2023).

Pelaku diamankan di salah satu warkop di Morowali pada Minggu (14/5/2023) malam. Dicky mengatakan pengungkapan kasus ini setelah tim penyidik reserse melakukan serangkaian penyelidikan.