BeritaMakalePT MaleaTana Toraja

Jaga Ekosistem di Toraja PT Malea Salurkan 6.000 Bibit Buah-Buahan Gratis, Ini Cara Dapatnya

×

Jaga Ekosistem di Toraja PT Malea Salurkan 6.000 Bibit Buah-Buahan Gratis, Ini Cara Dapatnya

Sebarkan artikel ini

Ramapos.com, Makale – PT Malea Energy akan membagikan 6000 bibit pohon secara gratis kepada masyarakat. Bibit yang dibagikan jenis tanaman produktif atau buah-buahan.

Diantaranya, bibit durian musang king, durian otong, manggis dan alpukat. Jumlah masing-masing jenisnya 1.500 pohon.

Pimpinan PT Malea Energy, Victor Datuan Batara mengatakan selain untuk menjaga ekosistem dan alam Toraja, bibit yang disalurkan bernilai ekonomi tinggi sehingga bisa membantu perekonomian warga jika sudah berbuah. Juga baik untuk dikonsumsi.

“Sekarang sudah masuk musim hujan jadi kita sudah bisa menanam bibit pohon untuk menjaga kelestarian alam Toraja. Kami sudah siapkan bibit pohon produktif seperti bibit durian musang king, durian otong, alpukat dan manggis,” kata Victor Datuan Batara, Sabtu 2 Desember 2023.

Pria yang akrab disapa VDB itu mengungkapkan bibit diperuntukan bagi kelompok tani maupun perorangan. Jika berminat bisa langsung mendatangi kantor PT Malea Energy membawa kartu keluarga.

“Siapa saja yang mau ambil silahkan datang, dengan catatan siap untuk menanam dan memelihara, jangan asal ditanam tapi tidak dipelihara. Kalau kelompok tani bisa melalui Kepala Lembang dan kalau perorangan jumlahnya 10 pohon cukup bawa kartu keluarga,” ujarnya.

Diketahui, ini bukan kali pertama perusahaan yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) tersebut menyalurkan bibit pohon.

Kata VDB, itu bentuk komitmen perusahaan menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem utamanya sepanjang bantaran aliran sungai Sa’dan, Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan harapan kondisi alam sekitar perusahaan tetap hijau sehingga debit air bisa terus bertambah.