Tana Toraja

Jaga Lingkungan dan Ketersediaan Air di Toraja, PT Malea Fokus Penanaman Pohon

×

Jaga Lingkungan dan Ketersediaan Air di Toraja, PT Malea Fokus Penanaman Pohon

Sebarkan artikel ini
Jusuf Kalla didampingi Victor Datuan Batara meninjau progres pembangunan pembangkit listrik di PT Malea
Jusuf Kalla didampingi Victor Datuan Batara meninjau progres pembangunan pembangkit listrik di PT Malea

Tana Toraja, Ramapos.com – Selain aktif membagikan bibit pohon kepada warga sebagai upaya penghijauan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, PT Malea Energy Hydropower akan melakukan penanaman pohon dari hilir hingga hulu sungai Sa’dan.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden RI dua periode, Muhammad Jusuf Kalla yang merupakan pemilik PT Malea saat meninjau perkembangan proses pembangunan pembangkit listrik 3×75 megawatt di Rano Utara, Kecamatan Rano, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (16/9/2023).

Pria yang akrab disapa JK itu mengatakan program penghijauan salah satu fokus PT Malea. Penanaman jumlah besar akan dilakukan saat memasuki musim penghujan.

“Bibit sudah kita siapkan, tinggal kita salurkan saja. Namun karena sekarang musim kemarau jadi kita tunggu sampai musim hujan baru kita salurkan dan kita tanam disekitar lokasi. Saya harap, jika musim kemarau berakhir penghijauan ini bisa segera dilaksanakan,” ujarnya.

“Kita akan jalankan karena ini untuk kepentingan kita semua tapi tunggu musim hujan tiba. Karena kalau ditanam sekarang bisa mati,” lanjutnya.

Sementara itu, Pimpinan PT Malea Victor Datuan Batara menjelaskan ketersediaan air bagi penduduk dan keberlangsungan perusahaan pembangkit listrik tenaga air bergantung pada ekosistem lingkungan.

Karena itu, pihak perusahaan aktif mendistribusikan bibit pohon kepada masyarakat untuk ditanam dari hilir hingga hulu sungai sa’dan di Toraja Utara.

“Selama ini kami sudah lakukan pembagian bibit pohon maupun tanaman buah kepada warga dan kelompok tani yang membutuhkan,” kata pria yang akrab disapa VDB itu.

Diketahui, agenda Jusuf Kalla di Kabupaten Tana Toraja dalam rangka meninjau proses pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 2×45 Megawatt yang diresmikan Presiden Jokowi awal tahun 2022 lalu sekaligus melihat progres pembangunan unit pembangkit listrik yang sedang dalam proses yang berkapasitas 3×75 Megawatt.

Kemudian, Jusuf Kalla memimpin rapat interen bersama Pimpinan dan Manajemen PT Malea Energy yang digelar di Power House (PH) PT Malea Energy.

JK bersama rombongan mendarat di Bandara Buntu Kuni, Mengkendek, Tana Toraja, menggunakan jet pribadi sekira pukul 09.30 wita.