PolitikTana Toraja

Kalah Taktik, 12 Incumbent DPRD Tana Toraja Ditumbangkan Pendatang Baru

×

Kalah Taktik, 12 Incumbent DPRD Tana Toraja Ditumbangkan Pendatang Baru

Sebarkan artikel ini

Sebagian besar incumbent di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) kalah beradu taktik dengan caleg pendatang baru.

Ramapos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah rampung melaksanakan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu 2024.

Pantauan Ramapos Selasa 5 Maret 2024, sebagian besar incumbent alias petahana DPRD Kabupaten Tana Toraja kalah beradu taktik di masing-masing daerah pemilihan (Dapil). 12 incumbent terpaksa kehilangan kursi.

Di dapil 1, Yohanis Lintin dari Partai PDI Perjuangan dan caleg Hanura Andarias Tadan yang merupakan anggota dewan aktif, gagal mempertahankan kursinya.

Sementara Evivana Rombe Datu incumbent Partai NasDem dan Yulius Paturu dari Partai Perindo berhasil mengamankan posisinya.

Yariana Somalinggi yang merupakan istri Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung melenggang ke DPRD Provinsi dapil 10 Sulsel mengendarai Partai Golkar. Perjuangan Kristian HP Lambe yang mengendarai Partai Demokrat gagal peroleh kursi.

Di dapil 2, Nikodemus P Mangera tidak mampu mengimbangi Kendek Rante sesama caleg incumben Golkar. Nikodemus gagal pertahankan kursinya. Begitupun Johanis Linthang Tombilangi dari Partai NasDem gagal dalam perebutan kursi.

Sementara Lita dan Timotius Tumbu, tidak ikut pada perhelatan pemilu pileg 2024.

Adapun incumbent PDI Perjuangan Ikal Paterson, Caleg Golkar Kendek Rante dan Leonardus Tallupadang dari Partai Gerindra masih bertahan di DPRD Tana Toraja periode 2024-2029.

Dapil 3 dengan jatah 3 kursi, dua petahana juga gagal mempertahankan kursinya. Aser Pakabu dari Demokrat lengser lantaran suara partai tidak mampu mengimbangi partai pesaing. Sementara Andreas Tandirerung kalah saing dengan pendatang baru di partainya.

Tersisa Agustinus Patinggi dari Partai Golkar yang berhasil mempertahankan posisinya di DPRD Tana Toraja.

Di dapil 4, Yunus Retu Tandililing tersisihkan pendatang baru Caleg Gerindra. Begitupun Yakobus Tonglolangi dari Partai Hanura tidak mampu menjaga kursinya di DPRD Tana Toraja.

Sementara caleg PDI Perjuangan Cristian Talebong dan Samuel Pali Tandirerung caleg NasDem berhasil duduk kembali berdasarkan rekap KPU.

Adapun Welem Sambolangi yang mencoba peruntungan ke senayan, belum mampu bertahan di pusaran elit politik dapil Sulsel 3.

Di dapil 5, Sony Palullungan gagal pertahankan kursi Hanura. Bertha Pidun juga tumbang di tangan pendatang baru Yohanis Napan.

Begitupun nasib incumbent Demokrat, Yusuf Palebangan Pillo juga ditumbangkan pemuda pendatang baru, Sunarto Parrangan. Sunarto bahkan meraih suara tertinggi pileg Tana Toraja.

Sementara Yuli Saranga dari Partai NasDem dan Martinus Paonganan petahana PDI Perjuangan, masih kokoh menjaga kursinya.

Di dapil 6, dua petahana juga gagal mempertahankan kursinya yakni Andrew Tulak dari Demokrat dan Paris Palinggi Allorerung yang dilengserkan pendatang baru NasDem.

Lebih lanjut, berdasarkan rekapitulasi KPU, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Victor Datuan Batara tetap mempertahankan kursi pimpinan DPRD Tana Toraja. Ini merupakan periode ke empat beringin rindang merajai konstestasi politik pileg di Kabupaten Tana Toraja.

Golkar meraih tujuh kursi disusul Gerindra dan NasDem yang juga mengunci unsur pimpinan DPRD Tana Toraja dengan raihan masing-masing Partai sebanyak enam kursi.