BeritaMakaleNasionalSuara RakyatTana Toraja

Kepedulian Paroki Kondodewata dan PUTR Bersihkan Longsor di Pelosok Toraja Tuai Apresiasi

×

Kepedulian Paroki Kondodewata dan PUTR Bersihkan Longsor di Pelosok Toraja Tuai Apresiasi

Sebarkan artikel ini

Dinas PUTR Tana Toraja dan Paroki Maria Bunda Allah Kondodewata evakuasi longsor yang tutup badan jalan poros Mappak.

Ramapos.com, Tana Toraja – Dinas PUTR Tana Toraja bekerjasama Gereja Katolik Paroki Kondodewata membersihkan material longsor yang menutup jalan poros Mappak, Tator, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mappak merupakan daerah terpencil di pelosok Toraja bagian barat.

Mereka menurunkan alat berat serta dump truck untuk membuka akses jalan yang tertimbun material longsor. Mappak merupakan daerah terpencil di pelosok Toraja bagian barat. Aksi sisial itu menuai apresiasi dari warga.

Menurut Lurah Kondodewata, Thomas Tangsumalong, ratusan keluarga (KK) sebelumnya terisolasi lantaran terputusnya akses jalan utama penghubung Mappak ke Kota Makale.

“Tindakan yang diambil pihak pemerintah daerah dengan pastor sangat positif demi kemanusiaan walaupun ini jalan provinsi tapi pihak pemerintah daerah siap memberikan alat berat untuk membersikan longsor,” ujarnya kepada Ramapos, Jumat 5 April 2024.

“Pihak pastor juga sangat membantu masyarakat karena menyediakan banyak fasilitas. Artinya semua pihak ikut prihatin dengan keadaan kita yang tinggal di pelosok,” jelasnya.

BACA JUGA: Victor Datuan Batara Kerahkan Excavator Bersihkan Longsor yang Tutup Jalan Poros di Tana Toraja

Diketahui, Jalan Poros Simbuang-Mappak di terjang longsor beberapa waktu lalu. Longsor memutus akses jalan sehingga aktivitas ratusan KK yang terisolir menjadi lumpuh.

Warga juga mengucapkan terimakasih kepada pihak PUPR provinsi maupun PUTR Tana Toraja atas bantuan alat yang diterjunkan ke lokasi longsor.

“Kami sangat bersyukur adanya alat PUPR Provinsi dengan alat PUPR Tana Toraja dan sudah dua hari kerja tapi dibiayai oleh pastor paroki. Alat berat PU provinsi tadi malam sudah masuk,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan keluarga (kk) di Kelurahan Kondodewata dan Lembang Dewata, Kecamatan Mappak, Tana Toraja, Sulsel, terisolir usai jalan poros diterjang longsor. Aliran listrik juga terputus sehingga kondisi gelap gulita.

“Hujan melanda wilayah kecamatan Mappak beberapa hari terakhir membuat longsor di mana-mana sehingga jalan Poros Buangin tertutup dan amblas, tidak bisa di lewati roda empat,” kata Lurah Kondodewata, Thomas Tangsumalong kepada Ramapos, Rabu 3 April 2024.

“Khususnya Kecamatan Mappak, kurang lebih 300 kk di Kondodewata dan Lembang Dewata terisolir. Tapi karena ini jalan provinsi, dampaknya sampai ke Simbuang dinda,” jelasnya.