BeritaNasionalSuara RakyatTana Toraja

Longsor Terjang Jalan Poros Mappak Toraja, Ratusan KK Terisolir-Lampu Padam

×

Longsor Terjang Jalan Poros Mappak Toraja, Ratusan KK Terisolir-Lampu Padam

Sebarkan artikel ini

Ratusan keluarga di Kecamatan Mappak Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) terisolir.

Ramapos.com, Tana Toraja – Ratusan keluarga (kk) di Kelurahan Kondodewata dan Lembang Dewata, Kecamatan Mappak, Tana Toraja, Sulsel, terisolir usai jalan poros diterjang longsor. Aliran listrik juga terputus sehingga kondisi gelap gulita.

“Hujan melanda wilayah kecamatan Mappak beberapa hari terakhir membuat longsor di mana-mana sehingga jalan Poros Buangin tertutup dan amblas, tidak bisa di lewati roda empat,” kata Lurah Kondodewata, Thomas Tangsumalong kepada Ramapos, Rabu 3 April 2024.

“Khususnya Kecamatan Mappak, kurang lebih 300 kk di Kondodewata dan Lembang Dewata terisolir. Tapi karena ini jalan provinsi, dampaknya sampai ke Simbuang dinda,” jelasnya.

Thomas mengatakan, terputusnya aliran listrik membuat jaringan telepon juga tidak dapat digunakan sehingga peristiwa baru dilaporkan beberapa hari setelah kejadian.

Kendati demikian, pihaknya telah melaporkan kejadian itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja namun tidak direspon hingga kini.

“Kejadiannya 26 Maret tapi baru kami laporkan ke BPBD tiga hari kemudian karena jaringan tidak dapat digunakan. Tapi sampai sekarang tidak ada balasan dari BPBD,” ungkapnya.

Kata Thomas, kondisi ini sangat menyulitkan warga. Dia khawatir, jika tidak segera ditangani warga terisolir kekurangan bahan pokok.

Selain itu, beberapa rumah serta kantor kecamatan dan kelurahan juga terancam amblas. Warga berharap pemerintah segera turun tangan.

“Ada satu rumah warga yang rusak parah diterjang longsor. Bantuan dari kementerian yang masuk tidak bisa tembus karena jalan terputus jadi tertampung di Lembang Miallo,” ujarnya.

“Beberapa rumah, aula kantor kelurahan dan kantor kecamatan juga terancam longsor,” jelasnya.