BeritaNasionalNewsSuara RakyatTana Toraja

LPRI Warning Disdik Tator Realisasikan DAK – DAU 2023 Tepat Sasaran

×

LPRI Warning Disdik Tator Realisasikan DAK – DAU 2023 Tepat Sasaran

Sebarkan artikel ini

Ramapos.com, Makale – Dinas Pendidikan Kabupaten (Disdik) Tana Toraja mengelola anggaran tahun 2023 sekitar Rp 200 Miliar. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Ketua Lembaga Pilar Rakyat Indonesia (LPRI), Rasyid Mappadang meminta Dinas Pendidikan Tana Toraja merealisasikan anggaran tersebut tepat sasaran.

Hal tersebut diungkapkan Rasyid merespons daya serap anggaran Disdik Tana Toraja yang rendah.

“Anggaran yang sudah dianggarkan tahun 2023 harus direalisasikan tepat sasaran sesuai dengan peruntukannya, titik. Itu sudah clear disampaikan kepada para pengelola anggaran dalam hal ini dinas pendidikan,” kata Rasyid kepada Ramapos Senin, 27 November 2023, sore.

Lanjut kata dia, Dinas Pendidikan tidak boleh mempermainkan anggaran yang dialokasikan. Sebab, faktor utama penunjang pembangunan daerah kata Rasyid melalui sektor pendidikan bagi generasi muda. Apalagi, jumlah anggaran DAK dan DAU 2023 yang dikelola angka yang fantastis.

Karena itu dia meminta pihak terkait juga melakukan fungsi pengawasan agar penggunaanya tepat sasaran dan tepat waktu.

“Untuk membangun proses belajar mengajar di lingkup disdik tentu harus ditunjang oleh sarana dan prasarana. Sehingga, serapan anggaran betul-betul harus sesuai, harus maksimal dan dipakai sesuai kontrak yang ada dalam RAB,” pungkasnya.

“Ini yang harus dipahami, pendidikan itu memerdekakan semua anak bangsa dari keterpurukan kebodohan loh. Maka penting dilakukan pengawasan bersama oleh pihak pihak yang terkait,” lanjut Rasyid.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Tana Toraja Andarias Lebang saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengakui daya serap anggaran dinas pendidikan rendah lantaran terkendala beberapa hal.

Dia juga mengakui nominal anggaran yang dikelola dinas pendidikan tahun anggaran 2023 sebesar Rp 200 miliar.