BeritaMakaleSosokTana Toraja

Misi Kemanusiaan, GAMKI Tana Toraja Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Makale

×

Misi Kemanusiaan, GAMKI Tana Toraja Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Makale

Sebarkan artikel ini

GAMKI Tana Toraja serahkan bantuan kepada korban terdampak banjir di Makale.

Ramapos.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Tana Toraja (Tator) salurkan bantuan kepada korban bencana banjir di Kota Makale.

Bantuan diserahkan langsung pengurus GAMKI di Posko Tanggap Bencana Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja di Gedung Tammuan Mali’, Kelurahan Bombongan, Makale, Senin 26 Februari 2024.

Sekfung Hukum dan HAM, Kalembang Oktovianus mengatakan bantuan kemanusiaan tersebut bentuk pelayanan, ungkapan kebersamaan dan dukungan moral GAMKI kepada korban terdampak bencana.

“Kehadiran GAMKI tidak hanya sekedar mengirimkan bantuan, tetapi lebih kepada bentuk kebersamaan dan empati,” kata Kalembang kepada Ramapos seusai menyerahkan bantuan, Senin malam.

“Dibalik setiap kemasan bantuan yang kami serahkan terdapat harapan dan dukungan untuk memperkuat hati dan memulihkan semangat para korban yamg sedang mengalami kesulitan,” jelasnya.

Sebelumnya, respon cepat panggilan kemanusiaan, relawan GAMKI Tana Toraja yang tergabung dalam Brigade Serba Guna (BRIGSENA) bergerak dengan perlengkapan SAR menyisir lokasi terdampak banjir di Makale membantu warga yang terjebak dalam rumah, Minggu 25 Februari 2024, malam.

“Dengan tulus berbagi beban dan menawarkan pundak untuk bersandar para korban, kami sampaikan kepada mereka bahwa di tengah badai kehidupan, tidak ada yang sendiri,” kata Kalembang.

Senada Kalembang, Ketua Bidang (Kabid) Organisasi GAMKI Tana Toraja, Marnolinus Ledon mengungkapkan kehadiran relawan di tengah korban merupakan cerminan nyata kekuatan solidaritas.

“Di saat yang genting, ketika kepedulian dan kebersamaan diperlukan lebih dari sebelumnya GAMKI Tana Toraja hadir sebagai pelita harapan yang terang benderang di tengah kegelapan bencana,” kata pria yang akrab disapa Pong Giez.

Dia berharap bencana tersebut bisa segera diatasi dan kehidupan para korban berangsur-angsur membaik.

Diketahui, tingginya curah hujan menyebabkan ratusan rumah di Kecamatan Makale tergenang air akibat sungai yang meluap pada Minggu 25 Februari 2024. Banjir mulai menggenangi rumah warga sekira pukul 19.30 Wita.

Banjir juga dilaporkan menghanyutkan 1 unit mobil toyota rush yang terparkir di Jalan Tandung Makale.