PT Malea

Mudahkan Warga untuk Berobat, PT Malea Rabat Beton Jalan Menuju Puskesmas Sandabilik

×

Mudahkan Warga untuk Berobat, PT Malea Rabat Beton Jalan Menuju Puskesmas Sandabilik

Sebarkan artikel ini
Pimpinan PT Malea serahkan aset pekerjaan rabat beton jalan Puskesmas Sandabilik ke Pemda Tana Toraja
Pimpinan PT Malea serahkan aset pekerjaan rabat beton jalan Puskesmas Sandabilik ke Pemda Tana Toraja

Tana Toraja, Ramapos.com – PT Malea Energy Hydropower mengucurkan anggaran Rp 1.8 miliar memperbaiki infrastruktur jalan menuju Puskesmas Sandabilik di Dusun Kabongi, Kelurahan Sandabilik, Makale Selatan, Tana Toraja, yang belum tersentuh pembangunan.

Satu paket ruas jalan beton sepanjang 1,5 Kilometer (km) selesai dibangun dengan waktu pengerjaan sekitar 60 hari.

Jalan tersebut merupakan akses utama warga dari beberapa wilayah ke Puskesmas Sandabilik yang tak jauh dari lokasi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Malea beroperasi. Selain itu juga jalan utama menuju Kota Makale, Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja.

Pimpinan PT Malea Energy, Victor Datuan Batara mengatakan perbaikan jalan dilakukan untuk mendukung pelayanan kesehatan warga sekitar. Sehingga, warga yang sakit tidak perlu ke Kota Makale untuk mendapatkan perawatan medis.

“Kata Bapak JK pada saya, selama itu untuk kebutuhan masyarakat Pak Victor jangan hemat-hemat dan pikir-pikir keluarkan anggaran karena kepedulian adalah fungsi utama perusahaan. Itulah saya kucurkan anggaran untuk perbaikan jalan ke Puskesmas ini dengan harapan dapat mendukung pelayanan kesehatan warga di Makale Selatan,” kata VDB sapaan akrab victor Datuan Batara saat serah terima aset jalan kepada Pemerintah Daerah Tana Toraja di aula Puskesmas Sandabilik, Selasa (19/9/2023).

Lanjut kata dia, selain lokasi bangunan yang strategis, Puskesmas Sandabilik menawarkan pemandangan alam yang sangat indah sebab dibangun di bangun di ketinggian sekira 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Nantinya, puskesmas tersebut akan menjadi pusat kesehatan rujukan karyawanan PT Malea. Sehingga, akan menunjang pendapatan daerah Tana Toraja.

“Puskesmas ini dulunya dibangun di era NIVI dengan tagline jangan biarkan rakyatku sakit. Karena memang kesehatan itu hal utama dalam pembangunan manusia serta memajukan daerah. Dan ke depan Puskesmas ini akan menajdi puskesmas rujukan karyawan Malea,” kata VDB yang juga Ketua Golkar Tana Toraja.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Rudi Andilolo yang mewakili pemerintah daerah dalam serah terima aset mengakui kehadiran PT Malea telah banyak berkontribusi kepada Pemda Tana Toraja. Dengan adanya perbaikan jalan poros Puskesmas Sandabilik perusahaan telah mendukung pelayanan kesehatan.

“Kendala terbesar kami kemarin disini memang jalan apalagi anggarannya untuk infrastruktur itu sangat besar. Makanya saya bilang ada perusahaan besar disini coba bermohon supaya dibantu. Dan setelah bermohon ternyata di acc. itulah hebatnya PT Malea,” ujarnya.

Kadis yang didaulat menjadi Sekda Tana Toraja dengan point tertinggi dalam proses selter itu berharap semua pihak bersama-sama bersasma-sama menjaga aset yang dibangun agar dinikmati bersama-sama dalam waktu yang lama.

“Kita bersyukur telah dibuatkan jalan, jadi tugas kita medepan marilah kita rawat dan jaga bersama-sama agar jalan ini bisa kita nikmati dan mempermudah setiap masyarakat yang ingin berobat di psukesmas ini,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi, serah terima aset disaksikan Wakil Ketua DPRD Tana Toraja, Yohanis Lintin dan sejumlah anggota DPRD, Camat Makale Selatan, Yohanes Some, Lurah dan Kepala Lembnag se-Makale Selatan serta para tokoh masyarakat.