BeritaPolitikTana Toraja

Pastikan Data Pemilih, PPK Malimbong Balepe Bakal Rekrut Pantarlih

×

Pastikan Data Pemilih, PPK Malimbong Balepe Bakal Rekrut Pantarlih

Sebarkan artikel ini

PPK dan PPS Malimbong Balepe rapat persiapan pembentukan petugas pantarlih

Ramapos.com, Tana Toraja – Jelang pilkada serentak 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Malimbong Balepe, Tana Toraja, menggelar rapat koordinasi (Rakor) pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih).

Rakor berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Malimbong Balepe’, Malimbong, Rabu 12 Juni 2024 dipimpin langsung Ketua PPK, Kornelius Pabunga’ dan disaksikan Panwaslucam Malimbong Balepe’.

“Kami bekerjasama PPS akan merekrut pantarlih untuk 19 TPS di Kecamatan Malimbong Balepe’. Masing-masing TPS akan diakomodir satu pantarlih,” kata Ketua PPK Malimbong Balepe, Kornelius Pabunga’ kepada Ramapos di lokasi, Rabu siang.

“Namun ada tujuh TPS yang berpotensi dua pantarlih karena pemilih 400 lebih,” jelasnya.

Kornelius mengungkap, salah satu kerawanan pemilu ialah perubahan domisili. Karena itu, pantarlih akan melakukan pendataan ulang dan mencocokan data pemilih.

“Petugas harus terintegrasi dengan kerja-kerja pemutakhiran data pemilih, khususnya dalam pengelompokan pemilih disetiap TPS agar data yang dihasilkan sesuai dan benar-benar valid,” ujarnya.

Ditambahkan Divisi SDM, Trifenawanti, petugas harus aktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pemilih agar menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Ini sangat penting karena masih banyak masyarakat yang pasif, ogah-ogahan, karena mereka tidak tahu tata caranya seperti apa. karena kita belajar dari pemilihan sebelumnya ada orang yg tidak mau pergi memilih karena tidak mengerti tata cara bagaimana,” ujarnya.

Sementara Ketua Panwaslucam Malimbong Balepe’ Agustinus Lembang mengingatkan pentingnya bertanggungjawab atas peran dan kerja sama yang baik sesama petugas di lapangan.

Kata dia, sinergitas yang baik panitia penyelenggara dan pengawas akan mewujudkan pilkada yang aman, tenteram dan sejuk.

“kami hanya memastikan bahwa PPS itu melakukan tugas, tanggung jawabnya sesuai dengan yang di amanatkan negara dalam hal sebagai penyelengara pemilu,” ujarnya.

“Kami tidak akan melaporkan, kami hanya memastikan, jangan beranggapan bahwa kami adalah orang yang akan mengecek bapak ibu trus. Jadi mari kita bekerjasama dengan baik menjalankan tugas dan peran kita,” jelasnya.