MakaleNasionalPolitik

Pastikan PKD Profesional, Panwascam Malimbong Balepe Gelar Tes Wawancara

×

Pastikan PKD Profesional, Panwascam Malimbong Balepe Gelar Tes Wawancara

Sebarkan artikel ini

Sembilan calon PKD mengikuti tes wawancara dari Panwascam Malimbong Balepe.

Ramapos.com, Tana Toraja – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Malimbong Balepe’ melakukan tes wawancara kepada calon pengawas pemilu tingkat Kelurahan atau PKD menghadapi pemilu pilkada serentak 2024.

Ketua Panwascam Malimbong Balepe’, Agustinus Lembang menuturkan tes wawancara ini merupakan sesi lanjutan proses perekrutan PKD Pemilu 2024 untuk memastikan calon PKD profesional dan siap menjalankan tugas.

Tes wawancara dilakukan langsung Ketua Panwascam, Agustinus Lembang, koordinator divisi PPPS, Benyamin Randa Linggi dan Mery Londong selaku koodinator divisi HPPH.

“Tes wawancara untuk menggali potensi peserta dan kesiapan mereka melakukan tugas dan fungsi ke depan. Adapun soal-soal yang di tanyakan di siapkan langsung dari Bawaslu Tana Toraja,” kata Agustinus kepada Ramapos saat ditemui di sekretariat Panwascam Malimbong Balepe’, Senin 27 Mei 2024, siang.

Lanjut kata pria yang akrab disapa Enos itu, sembilan peserta sebelumnya telah melalui tahapan ujian dan memperoleh nilai tertinggi dari valon PKD lainnya.

“Kami telah melaksanakan tes wawancara kepada sembilan pelamar. Sebelumnya mereka semua telah memenuhi prosedur persyaratan yang ditentukan,” ujarnya.

Adapun sembilan calon PKD terdiri satu perempuan dan delapan pria berasal dari satu kelurahan dan lima desa/lembang yang ada di Kecamatan Malimbong Balepe’.

Diantaranya, Kelurahan Malimbong, Lembang Balepe’, Leppan, Lemo Menduruk, Lembang Kolesawangan, dan Kole Barebatu.

“Dari 9 pelamar yang terpilih hanya enam, di mana mewakili masing-masing kelurahan dan desa. Mereka akan menjadi PKD untuk Pilkada Tana Toraja,” katanya.

Adapun harapan kami lewat tes wawancara ini, kami mendapatkan PKD yang mumpuni untuk menjalankan tugas, tanggung jawab di masing-masing kelurahan, desa/lembang,” jelasnya.

Seperti diketahui, Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) di Pemilu 2024 merupakan bagian dari badan Ad hoc Pemilihan Umum (Pemilu).

Berikut jadwal lengkap pembentukan PKD Pemilu 2024:

27 – 28 Mei 2024: tes wawancara peserta calon anggota Panwaslu desa.

30 Mei 2024 – pleno penetapan calon anggota panwaslu kelurahan/desa.

31 Mei 2024 – pengumuman panwaslu kelurahan/desa.

1 – 2 Juni 2024 – pelantikan dan pembekalan PKD terpilih.