BeritaKesehatanMakaleNasionalSosokTana Toraja

Peringati Hari Lahir Bung Karno, PDI Perjuangan Tana Toraja Bagi-bagi Ribuan Bibit Pohon

×

Peringati Hari Lahir Bung Karno, PDI Perjuangan Tana Toraja Bagi-bagi Ribuan Bibit Pohon

Sebarkan artikel ini

Ketua PDI Perjuangan Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan menyerahkan bibit pohon kepada masyarakat

Ramapos.com, Tana Toraja – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Bung Karno, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tana Toraja bagi-bagi ribuan bibit pohon kepada masyarakat.

Kegiatan dipusatkan di Kelurahan Saluallo, Kecamatan Sangalla Utara, Jumat 21 Juni 2024, dihadiri langsung Ketua PDI Perjuangan Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan, seluruh fraksi DPRD Tana Toraja dan jajaran pengurus partai.

“Ada ribuan bibit pohon kami bagikan dalam rangka memperingati Hari Lahir Bung Karno. Ada bibit durian, jengkol, uru dan suren,” kata Yohanis kepada Ramapos di lokasi pembagian, Jumat siang.

Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Tana Toraja itu mengatakan pembagian bibit pohon ini bentuk kepedulian partai terhadap lingkungan yang sejalan dengan filosofi perjuangan Megawati Soekarnoputri, yakni kemanusiaan, kebangsaan, dan merawat lingkungan.

Selain itu, Yohanis sangat peduli akan kelestarian alam dan lingkungan. Untuk itu, ia mengajak warga Tana Toraja agar kegiatan ini berguna untuk membudayakan mencintai lingkungan, supaya nantinya pohon-pohon tersebut membuat kualitas udara menjadi lebih baik untuk semuanya.

“Setiap tahun PDI Perjuangan Tana Toraja memang menggelar gerakan menanam dan membagi bibit pohon sebagai bentuk kepedulian lingkungan. Sesuai harapan kita, ini mengurangi polusi di Tana Toraja dan udara lebih segar karena pohon berfungsi untuk memproduksi oksigen,” ujarnya.

PDI Perjuangan Tana Toraja bagi bibit pohon kepada masyarakat

Yohanis menjelaskan, ini juga sebagai bentuk pencegahan dan penanganan banjir. Sebab, pohon berperan penting untuk mengatur siklus air.

“Akhir-akhir ini Tana Toraja seakan langganan banjir dan longsor. Karena itu kita menggalakan penanaman pohon sebagai upaya pencegahan dan penanganan. Puji Tuhan sudah banyak yang tumbuh subur di beberapa lokasi,” ujarnya.

“Karena PDI Perjuangan tidak hanya tentang politik pembangunan ekonomi dan politik kekuasan tetapi juga politik menjaga lingkungan dan mencintai kehidupan,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Sangalla Utara, Matius mengapresiasi gerakan kepedulian lingkungan PDI Perjuangan Tana Toraja bagi-bagi bibit pohon.

“Kegiatannya sangat bagus karena pohon bisa mencegah banjir dan longsor. Sebenarnya, banyak masyarakat yang mau menanam tapi bibit pohon mahal. Karena itu kami berterima kasih kepada PDI Perjuangan sudah berikan kami bibit gratis,” ujarnya.