BeritaMakaleTana Toraja

Hadapi Tantangan Era Digital, Remaja Masjid Baburrahma Rembon Gelar Pesantren Kilat

×

Hadapi Tantangan Era Digital, Remaja Masjid Baburrahma Rembon Gelar Pesantren Kilat

Sebarkan artikel ini

Peserta pesantren kilat Remaja Masjid Baburrahma Rembon, serius mendengarkan materi.

Ramapos.com, Tana Toraja – Remaja Masjid Baburrahma Rembon, Tana Toraja, mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan Pesantren kilat (Peskil) selama empat hari mulai 14-17 Maret 2024.

Kegiatan mengangkat tema “Meningkatkan kualitas akhlak dan ibadah generasi milenial di zaman gempuran era digital” diikuti pelajar dari berbagai daerah, diantaranya SMP/MTs sederajat, SMA/SMK/MA sederajat.

“Selain mengisi ibadah suci Ramadhan dengan berpuasa, kami mendidik generasi muda agar kuat dan bijak dalam menghadapi tantangan era digital,” kata Ketua Remaja Masjid Baburrahma Rembon, Krisdianto kepada Ramapos, Senin 18 Maret 2024.

Alumni UKI Toraja yang akrab disapa Bung Dian itu mengungkapkan, tantangan era digital sangat beragam. Karenanya, tumbuh kembang generasi muda harus didukung pendidikan moral dan karakter.

“Sangat banyak informasi hoax berbau isu sara dan semacamnya berseliweran di sosial media. Jangan sampai adik-adik kita menjadi korban dan ikut terjerumus pada hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

“Karena itu, Remaja Masjid Baburrahma melaksanakan pesantren kilat sebagai upaya pencegahan dan bentuk dukungan kepada adik-adik. Bukan membatasi mereka berkarya tapi membentuk jiwa bijak mereka menghadapi tantangan zaman,” jelasnya.

Kata dia, materi disampaikan erat kaitannya dengan tema diangkat. Sehingga, para pelajar yang telah mengikuti pesantren kilat diharapkan menjadi teladan bagi remaja dan pelajar di daerah masing-masing.

“Harapan kita, mereka tidak sekedar mengikuti kegiatan tapi mengimplementasikan apa yang didapatkan dari pesantren kilat saat kembali ke tempat asal masing-masing. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik, semoga bermanfaat bagi mereka, Insya Allah,” ujarnya.