BeritaPolitikSosokSuara RakyatTana Toraja

Pengacara Senior Bicara Pilkada Tator: Ada Naga Milenial di Toraja Barat

×

Pengacara Senior Bicara Pilkada Tator: Ada Naga Milenial di Toraja Barat

Sebarkan artikel ini

Wakil Ketua II DPD Golkar Tana Toraja, yang juga pengacara senior, Pither Ponda Barani (ist).

Ramapos.com, Tana Toraja – Perkembangan generasi muda Toraja Barat (Tobar) dalam gerakan politik sosial kemasyarakatan menjadi perhatian khusus Wakil Ketua II DPD Golkar Tana Toraja yang juga pengacara senior, Pither Ponda Barani.

Pither mengungkap, Golkar melihat potensi besar dalam diri pemuda Toraja Barat. Kata dia, hak itu dapat dibuktikan melalui karya dan gerakan aktivis yang berkontribusi besar bagi pembangunan di daerah yang minim infrastruktur.

Melalui Gen Z Sahabat Bangpit membangun Tana Toraja, beringin rindang pasalnya membuka ruang bagi generasi muda untuk berperan luas di jalur pemilihan kepala daerah Tator 2024 mendatang, termasuk pemuda Toraja Barat yang kian menampakan potensinya.

“Saya melihat potensi aktivis muda Toraja Barat sudah layak dan pantas untuk maju. Insting politik saya merasakan ada kekuatan naga milenial di kalangan generasi muda Toraja Barat yang harus dibangunkan,” ujar pria yang akrab disapa Bang Pit kepada Ramapos, Senin 18 Maret 2024.

Menurutnya, Gen Z telah membuktikan peran dan eksistensinya di pemilihan presiden (Pilpres). Sehingga, tidak ada alasan membatasi pemuda untuk berkarya di Kabupaten Tana Toraja.

“Sudah waktunya kebangkitan generasi muda Toraja Barat untuk terlibat langsung pada pemerintahan daerah melalui Pilkada Tana Toraja,” pungkasnya.

Advokat ternama Toraja itu juga menuturkan, konsep pembangunan nasional menuju pemerataan seperti IKN, layak ditransformasikan pada pembangunan Tana Toraja.

Dimulai dengan pemerataan pembangunan yang difokuskan pada Toraja bagian Barat yang memang masih sangat minim infrastruktur seperti, puskesmas, infrastruktur jalan, rumah sakit serta sekolah dan kampus.

“Ada banyak hal yang bisa kita lakukan jika bersinergi dengan pemuda yang pikirannya masih fresh. Jangan larut dengan metode lama, sudah saatnya kita merangkul anak-anak muda. Mereka kekuatan besar membangun daerah dan negara ini,” ujarnya.

“Potensi sumber daya manusia utamanya Pemuda dari Toraja Barat sudah tidak asing lagi bagi kita. Mereka sudah membuktikan kemampuannya selama ini,” jelasnya.

Diketahui, DPD II Golkar Tana Toraja berhasil mempertahankan posisi Ketua DPRD pada Pemilu 2024. Beringin juga mampu menjaga perolehannya tetap pada 7 kursi.

Perolehan 7 kursi ini membuat Golkar kembali bisa mengusung tunggal pasangan calon (Paslon) di Pilkada 2024. Beringin bisa mendorong jagoannya tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Sebab syarat mengusung Paslon di Pilkada Tana Toraja ialah minimal 6 kursi. Keberhasilan ini tak lepas dari peran penting Victor Datuan Batara, selaku Ketua DPD II Golkar Tana Toraja.

Victor Datuan sendiri telah menyatakan diri untuk maju sebagai calon bupati. Kesungguhannya ditunjukkan melalui baliho dan spanduk yang sudah berseliweran di sejumlah titik.

Meski begitu, Victor Datuan Batara yang akrab disapa VDB mengaku belum menentukan figur yang akan mendampinginya sebagai calon wakil bupati (Cawabup).