BeritaPolitikSuara RakyatTana Toraja

PPL Malimbong Balepe Resmi Dilantik, Diharap Punya Mental Tangguh Hadapi Pilkada

×

PPL Malimbong Balepe Resmi Dilantik, Diharap Punya Mental Tangguh Hadapi Pilkada

Sebarkan artikel ini

Pelantikan PPL Malimbong Balepe

Ramapos.com, Tana Toraja – Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Malimbong Balepe’, Kecamatan Malimbong Balepe, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), resmi dilantik.

Pelantikan berlangsung di aula kantor Kecamatan Saluputti, Ulusalu, Sabtu 1 Juni 2024, bersamaan dengan PPL dari tiga kecamatan yakni Rembon, Malimbong Balepe, dan Saluputti.

Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Malimbong Balepe, Agustinus Lembang berharap enam PPL khususnya di wilayah tugasnya memiliki mental kuat dan dedikasi tinggi menjalankan peran yang diemban.

“Pilkada dilakukan serentak sehingga banyak kepentingan di masyarakat. Sehingga, para PPL di masyarakat harus memiliki mental yang tangguh agar tidak mudah diadu domba,” kata Enos sapaan akrabnya, kepada Ramapos, Sabtu sore.

Pantauan di lokasi, PPL yang dilantik serentak dari tiga kecamatan sebanyak 28 personel. Sebelumnya, mereka telah melalui tahapan rekrutmen secara terbuka dan dipilih berdasarkan indeks prestasi tertinggi.

Seusai pelantikan, para peserta mengikuti bimbingan teknis (Bimtek). Enos berharap, pembekalan ini membantu PPL lebih maksimal menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

“Proses rekrutmen ini dilaksanakan secara terbuka dan ketat, sehingga para PPL yang terpilih merupakan orang-orang yang dipandang mampu mengemban amanah,” ujarnya.

“Mereka juga telah diberikan bimbingan teknis agar mereka profesional menjalankan tugas-tugasnya di lapangan saat pilkada,” jelasnya.

Lanjut kata Enos, PPL diharapkan mampu bekerjasama dan menjalin hubungan intens. Sebab, pemilihan kepala daerah menentukan nasib daerah lima tahun ke depan.

“Sebab bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka pengawasan pemilu harus tegas, agar dapat memunculkan pemimpin yang amanah dan sesuai hasil pesta demokrasi.

“Kinerja PPL harus sesuai Undang-undang dan tetap menunjung tinggi profesionalisme. Sebab, ujung tombak kesuksesan pesta demokrasi 2024 ada pada PPL,” katanya.

Sementara anggota Panwascam Malimbong Balepe’ Benyamin Randa Linggi selaku koordinator divisi PPPS mengatakan, para PPL langsung dibekali pengetahuan tentang Pemilu dan tugas-tugasnya.

“Dalam menjalankan tugas para PPL harus didasari dengan undang-undang Pemilu, sehingga tetap profesional,” ungkapnya.

Lanjut kata dia, PPL seusai dilantik langsung melaksanakan tugas-tugas pengawas untuk menciptakan pemilu yang sejuk.

“Diharapkan, para PPL setelah dilantik dapat bekerja dalam pengawasan pemilu, sehingga tahapan Pemilu serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman dan lancar,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Camat Malimbong Balepe, Rahmatia mengapresiasi kegiatan yang berlangsung dengan baik. Dia berharap PPL menjalin sinergitas yang baik dengan pemerintah maupun warga setempat.

“Karena ini pemilihan serentak, maka kami berharap kerjasama dengan baik. Baik Panwascam, PKK dan para PPL yang telah dilantik,” ujarnya.