BeritaNasionalPT MaleaTana Toraja

PT Malea Energy Dapat Proper Biru dari KLHK, VDB: ini Capaian yang Baik

×

PT Malea Energy Dapat Proper Biru dari KLHK, VDB: ini Capaian yang Baik

Sebarkan artikel ini

PT Malea Energy dapat Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Ramapos.com – PT Malea Energy di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat Peringkat Biru Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Proper biru diapatkan PT Malea yang bergerak di bidang usaha Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) setelah melalui beberapa tahapan penilaian dan dianggap sukses.

“Iya benar dek, sudah berstatus biru (Penilaian PT Malea),” kata Pimpinan PT Malea Energy, Victor Datuan Batara, kepada Ramapos, Selasa 16 Januari 2024, malam.

Berdasarkan hasil evaluasi pengendalian pencemaran air dan pencemaran udara periode 2022-2023, PT Malea Energy TAAT terhadap kompetensi personil, izin/persetujuan teknis, titik penataan, parameter, pelaporan, pemenuhan baku mutu, beban pencemaran, data harian, ketentuan teknis, sesuai dengan peraturan perundangan lingkungan yang berlaku.

Selain itu, PT Malea Energy juga telah melakukan pengelolaan limbah B3 sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan persyaratan dalam izin.

PT Malea Energy dapat Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)
PT Malea Energy dapat Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Pria yang akrab disapa VDB itu mengatakan, pihaknya komitment meningkatkan program penghijauan untuk menjaga ekosistem di Kabupaten Tana Toraja dan toraja Utara yang merupakan jalur transmisi perusahaan.

“Tentunya ini capaian yang baik. Tapi PT Malea komitment akan terus meningkatkan pelestarian lingkungan. Managemen dan seluruh karyawan kami selalu berusaha semaksimal mungkin karena ini tanggung jawab perusahaan,” ujar VDB yang juga Ketua Partai Golkar Tana Toraja.

Diketahui, PROPER adalah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan yang dikembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), untuk mendorong perusahaan meningkatkan pengelolaan lingkungannya.

Dari penilaian proper, perusahaan PROPER Biru adalah perusahaan telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku (telah memenuhi semua aspek yang dipersyaratan oleh KLH).

Ini adalah nilai minimal yang harus dicapai oleh semua perusahaan dalam bidang: penilaian tata kelolah air, penilaian kerusakan lahan, penilaian pencemaran laut, pengelolaan B3, pengendalian pencemaran udara dan implementasi Amdal