BeritaNasionalPT MaleaSosokTana TorajaToraja Utara

“Kita Orang-orang Berhutang”, Victor DB Ajak Gotong-Royong Renovasi Makam Van De Loosdrecht

×

“Kita Orang-orang Berhutang”, Victor DB Ajak Gotong-Royong Renovasi Makam Van De Loosdrecht

Sebarkan artikel ini

Victor Datuan Batara didampingi Pendeta Sulaiman Manguling siarah ke makam Aris Van De Loosdrecht, Karassik, Rantepao, Toraja Utara.

Ramapos.com, Toraja Utara – Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Tana Toraja, Victor Datuan Batara menyayangkan kondisi makam pekabar injil (zendeling) pertama di Toraja, Sulsel, Antonio Aris Van De Loosdrecht. Menurutnya, makam zendeling di Karassik, Rantepao, Toraja Utara, belum layak.

Hal tersebut diungkapkan Victor saat ziarah ke makam Van De Loosdrecht dalam rangka memperingati HUT ke-77 Gereja Toraja yang bertepatan 111 tahun injil masuk Toraja (IMT) dan baptisan pertama Toraja, Senin 25 Maret 2024.

Politisi beringin rindang itu mengungkapkan, Van De Loosdrecht ialah pahlawan misionaris masuknya injil di Toraja dengan pelayanan Trimisi. Trimisi ialah pendidikan, khotbah dan kesehatan (Teaching, Preaching, Healing).

Kendati demikian, Victor mengajak semua pihak utamanya pemerintah daerah Tana Toraja dan Toraja Utara serta tokoh agama Kristen untuk mendukung pembenahan makam yang sudah dimulai panitia renovasi Taman Trimisi. Victor sendiri komitmen mendukung pembangunan Taman Trimisi.

Panitia Taman Trimisi mulai benahi makam Van De Loosdrecht

“Almarhum adalah pahlawan misionaris yang berjasa besar bagi perkembangan Toraja melalui pelayanan Trimisi. Kita orang-orang berhutang hingga saat ini karena belum mampu memberikan penghormatan yang layak dengan membenahi makamnya,” ujar VDB yang juga mantan wakil bupati Tana Toraja, Senin 25 Maret 2024.

“Karena itu saya mengajak semua pihak bergotong-royong merenovasi makam dengan mendukung apa yang sudah dimulai panitia Taman Trimisi, baik bantuan dana, pikiran, maupun tenaga kita semua,” jelasnya.

Panitia Taman Trimisi mulai benahi makam Van De Loosdrecht

Pimpinan PT Malea yang akrab disapa VDB itu juga mengatakan, makam Van De Loosdrecht berpotensi menjadi objek wisata religi internasional apabila direnovasi sedemikian rupa. Karenanya, diperlukan kepedulian semua pihak.

“Mari bergandengan tangan dan turut berkontribusi karena ini tanggung jawab kita semua utamanya warga Toraja. Dan perlu kita sadari, makam Van De Loosdrecht berpotensi menjadi taman wisata religi yang berskala internasional,” ungkapnya.

Victor juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 Gereja Toraja dan 111 injil masuk Toraja.