BeritaPolitikSosokTana Toraja

Victor DB Diundang Demokrat Sulsel Ikut Uji Kelayakan, Duet Vi-Si Menguat di Pilkada Tator

×

Victor DB Diundang Demokrat Sulsel Ikut Uji Kelayakan, Duet Vi-Si Menguat di Pilkada Tator

Sebarkan artikel ini

Bakal calon bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara jalani fit and proper test Demokrat

Ramapos.com, Tana Toraja – Bakal Calon Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara diundang DPD Demokrat Sulsel menjalani uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) di Hotel Claro Makassar, Minggu 2 Juni 2024.

Kedatangan VDB, sapaan akrab Victor Datuan Batara disambut Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan, H. Ni’matullah serta jajaran pengurus.

Pemerhati politik, Rasyid Mappadang menilai hal tersebut merupakan signal Victor akan berpasangan dengan Ketua Partai Demokrat Tana Toraja, John Diplomasi di pilkada 2024 dengan mengusung tagline Vi-Si.

Dia meyakini, kemungkinan itu sangat besar. Sebab, jauh hari sebelum penetapan bakal calon bupati-wakil bupati, nama keduanya santer disebut-sebut pasangan ideal dan paling komplit.

“Kalau melihat historinya, jauh hari sebelum masuk tahapan pilkada, mereka memang santer diperbincangkan bakal berpasangan,” kata Rasyid kepada Ramapos, Senin 3 Juni 2024.

“Dengan ikutnya VDB di fit and proper test Demokrat, ini penguatan isu mereka akan bersatu. Dan kalau ini terjadi, Vi-Si penantang serius petahana yakni Pak Zadrak,” jelasnya.

Rasyid mengungkap, jika Victor-John dipasangkan, dua politisi ulung ini memiliki kekuatan geopolitik paling komplet.

Menurutnya, Victor menguasai basis Tallu Lembangna yang meliputi Sanggalla, Makale dan Mengkendek. Sementara Jhon Diplomasi dari Tana Toraja bagian barat.

Selain kekuatan geopolitik keduanya, Victor dan Jhon memiliki basis infrastruktur partai. Karena posisi mereka sebagai ketua parpol besar.

Victor adalah Ketua Partai Golkar Tator. Sementara Jhon Diplomasi adalah Ketua Partai Demokrat.

Kemudian Victor adalah mantan wakil bupati yang kini menjabat pimpinan PT Malea Energy milik Jusuf Kalla yang telah berkontribusi besar untuk masyarakat Kabupaten Tana Toraja.

“Kehadiran mereka kalau betul berpasangan nantinya, pasti melahirkan kekuatan besar. Selain keduanya adalah ketua partai, rekam jejak mereka yang punya militansi karena kepedulian sosial yang dibangun selama ini,” bebernya.

Sementara itu, Victor Datuan Batara menyambut baik harapan warga Tana Toraja yang mendorong dirinya berpasangan dengan John Diplomasi.

“Dalam politik itu segala kemungkinan bisa terjadi dinda, biarkan mengalir seperti air. Tapi kalau masyarakat menginginkan itu saya ucapkan terima kasih karena Pak John memang tokoh yang potensial,” ujarnya.

Isu berhembus, pilkada Tana Toraja 2024 akan diramaikan empat pasangan calon.

Figur sekaligus pasangannya yang santer disebut-sebut bakal maju ialah, Victor Datuan Batara-John Diplomasi (Vi-Si), Zadrak Tombeg-Erianto Laso’ Paundanan, Nicodemus Biringkanae-Darma Lelepadang, dan John Rende Mangontan-Benidiktus Papa.