PolitikSosokTana Toraja

Victor DB Kembalikan Formulir Penjaringan Perindo, Pemerhati Politik: Duet VDB-Hansten Kekuatan Besar

×

Victor DB Kembalikan Formulir Penjaringan Perindo, Pemerhati Politik: Duet VDB-Hansten Kekuatan Besar

Sebarkan artikel ini

Ketua DPD II Golkar Tana Toraja Victor Datuan Batara serahkan formulir pendaftaran bakal calon bupati kepada Ketua Partai Perindo, Hansten Allorerung

Ramapos.com, Tana Toraja – Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Tana Toraja, Victor Datuan Batara didampingi sejumlah pengurus menyerahkan kelengkapan berkas bakal calon bupati kepada Tim Penjaringan Partai Perindo, Rabu 29 Mei 2024.

Mereka diterima langsung Ketua DPC partai Perindo Tana Toraja, Hansten Allorerung di kantornya, Manggasa, Kelurahan Bombongan, Makale. Hansten digadang-gadang bakal calon wakil bupati.

Pemerhati politik, Rasyid Mappadang menilai jika Victor-Hansten berpasangan di Pilkada mendatang, peluang duduk sangat besar. Victor mantan wakil bupati yang memiliki basis massa jelas. Begitupun Hansten Allorerung.

“Secara individu, baik Victor maupun Hansten sama-sama figur kuat di pilkada 2024. Victor memiliki basis yang mengakar. Kalau dipasangkan, mereka ini kekuatan besar yang harus diwaspadai pesaingnya,” kata Rasyid kepada Ramapos, Rabu sore.

Selain itu, kekuatan geopolitik Victor-Hansten juga paling komplet. Victor menguasai basis Tallu Lembangna yang meliputi Sanggalla, Makale dan Mengkendek. Sementara Hansten dari Tana Toraja bagian barat.

Apalagi, Victor yang juga pimpinan PT Malea Energy milik Jusuf Kalla intens menjaga basisnya. Pria yang akrab disapa VDB itu aktif memberikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.

“Victor-Hansten unggul secara geopolitik, kecuali pasangan lain menggunakan kekuatan geopolitik yang sama baru bisa mengimbangi. Tapi di sisi lain, kekuatan individu mereka sangat menentukan. Kepedulian sosial VDB selama tidak menjabat wakil bupati tetap dilakukan hingga saat ini,” ujarnya.

Selain kekuatan geopolitik keduanya, Hansten  merupakan adik dari Bupati Theofilus Allorerung yang berada di lingkaran kekuasaan saat ini.

Sebagai keluarga kata Rasyid, Bupati Theofilus kemungkinan mengarahkan dukungannya ke Hansten karena ia tidak lagi maju di Pilkada 2024.

“Hansten itu saudaranya pak bupati. Kalau adiknya maju di pilkada tidak mungkin Theofilus akan melarikan dukungannya ke pasangan lain. Kekuatan penguasa sangat menentukan karena basis pasti, sangat jelas,” bebernya.

Sementara itu, Victor mengakui tengah membangun komunikasi intens dengan beberapa figur, termasuk Ketua Partai Perindo yakni Hansten Allorerung.

Hanya saja diakui Victor, untuk sampai pada fase berpaket di Pilkada tentu masih akan melalui banyak pembicaraan. Victor berharap, akan ada kemajuan dari pembicaraan itu.

“Ada beberapa figur menjalin komunikasi dengan kami, begitupun saya kepada mereka. Yang jelas semua figur punya keinginan yang sama untuk membangun Tana Toraja. Bagaimana nantinya, kita akan lihat kemajuannya,” ujarnya.