BeritaMakaleSuara RakyatTana Toraja

Warga Keluhkan Pasar Malam di Makale Buka Sampai Subuh: Sangat Mengganggu Jam Istirahat

×

Warga Keluhkan Pasar Malam di Makale Buka Sampai Subuh: Sangat Mengganggu Jam Istirahat

Sebarkan artikel ini

Ramapos.com, Makale – Sebagian masyarakat mengeluhkan aktivitas pasar malam di Kelurahan Rante, Kecamatan Makale, Tana Toraja. Pasar malam yang berlangsung hingga dini hari dinilai mengganggu ketenangan warga.

Salah seorang warga setempat, Irma (25) mengatakan batas operasi dan seluruh aktifitas seharusnya sudah diatur dalam perijinan.

Namun sayangnya, masuk pertengahan malam diisi dengan aktivitas tarian jinggo-jinggo oleh sejumlah muda-mudi.

“Sangat mengganggu Pak. Namanya jam istirahat kalau ada suara berisik pasti kita terganggu apalagi kalau tengah malam. Padahal kan besok kita mau kerja tapi bagaimana mi kalau kurang istirahat,” ujarnya kepada Ramapos saat ditemui di lokasi pasar malam, Sabtu 26 November 2023.

Dia berharap, dinas dan pihak terkait menyikapi keluhan warga. Ia juga meminta agar dokumen perizinannya pasar malam Dufan Indonesia Ceria diperiksa.

“Harapan kita pihak terkait bisa turun meninjau langsung aktivitas di pasar malam. Kalau sudah ada ijin harusnya mereka sudah tahu batas operasinya tapi ini tidak. Jangan-jangan tidak ada ijin atau ada di belakangnya,” ujarnya.

“Memang bagus kalau ada hiburan masyarakat ada juga tempat warga cari-cari uang tapi harus disertai aturan dan disiplinkan,” lanjut Irma.

Sementara itu Agus Susilo selaku penyelenggara mengakui dirinya beberapa kali kecolongan karena tidak berada di lokasi. Namun dia mengatakan tidak beroperasi hingga terlalu larut malam apalagi hingga dini hari.

“Begini Pak. Operasionalnya sudah kami tutup sebelum jam 12 tapi kalau ada anak-anak nongkrong disitu tidak mungkin kami usir juga. Kalau jinggo itu ada yang minta dan kadang molor juga karena ada anak jadi tidak bisa istirahat kalau disana,” ujarnya.

Dua juga menyebut siap memperbaiki ke depannya. Ia berjanji akan mematuhi batas jam operasional.

“Ia memang ada tadi bang sesuai permintaan pemuda kalau memang kami melanggar hampir sampai jam 12 tapi ke depannya akan saya perbaiki. Soal parkiran yang ada pungutannya bukan saya yang kelola tapi warga,” ungkapnya.

Pasar malam Dufan Ceria Indonesia dijadwalkan berakhir tanggal 30 November 2023.