NasionalNewsPT MaleaTana Toraja

Warga Makale Selatan Full Senyum, Puskesmas Sandabilik Kini Difungsikan Maksimal Didukung Jalan Memadai

×

Warga Makale Selatan Full Senyum, Puskesmas Sandabilik Kini Difungsikan Maksimal Didukung Jalan Memadai

Sebarkan artikel ini
Pimpinan PT Malea serahkan aset pekerjaan rabat beton jalan Puskesmas Sandabilik ke Pemda Tana Toraja
Pimpinan PT Malea serahkan aset pekerjaan rabat beton jalan Puskesmas Sandabilik ke Pemda Tana Toraja

Tana Toraja, Ramapos.com – Asas manfaat Puskesmas Sandabilik di Dusun Kabongi, Kelurahan Sandabilik, Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja telah dirasakan masyarakat.

Pusat kesehatan yang dibangun pada 2019 itu sebelumnya sulit dijangkau dan sepi pasien lantaran akses jalan belum tersentuh pembangunan. Sehingga, warga yang sakit harus dibawa ke rumah sakit atau puskesmas di Makale, Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja.

Kini, jalan tersebut telah dirabat beton perusahaan pembangkit listrik yang beroperasi di Makale Selatan, yakni PT Malea Energy Hydropower.

Di bawah kepemimpinan Victor Datuan Batara, PT Malea Energy mengucurkan dana CSR sebesar Rp 1.8 miliar mengerjakan ruas jalan sepanjang 1.5 kilometer mulai pelebaran, cut dan fill atau meratakan tebing, hingga rabat beton.

Salah seorang warga, Ibu Sepi mengatakan perbaikan akses jalan menuju Puskesmas Sandabilik sangat membantu masyarakat di Makale Selatan yang mencapai 14.000 jiwa dan tersebar di 8 Kelurahan/Lembang.

“Puskesmasnya sudah lama dibangun Pak tapi jalannya yang belum diperbaiki jadi tidak bisa pakai kendaraan kesini (Puskesmas Sandabilik). Kalau mau jalan kaki jauh sekali apalagi kalau jalan kaki karena puskesmas inin kan di gunung pak,” ujarnya saat ditemui Rampos.com sedang berobat di Puskesmas Sandabilik, Selasa (19/9/2023) siang.

Sementara itu, Camat Makale Selatan, Yohanis Some dalam acara serah terima pekerjaan rabat beton jalan dengan PT Malea Energy menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi telah membantu masyarakat baik melalui infrastruktur ataupun bantuan lainnya, terlebih dalam membangun infrastruktur jalan ke Puskesmas.

Diungkapkannya, jalan poros tersebut sebelum dirabat beton sangat sulit dilalui kendaraan utamanya saat musim hujan sehingga berdampak pada pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tingkat kunjungan ke puskesmas pun minim.

“Awalnya memang tidak memungkinkan dilewati kendaraan roda empat saat itu. Tapi setelah dikerjakan oleh PT Malea Energy, jalan menuju puskesmas sudah sangat mudah diakses baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan, kunjungan pasien yang berobat juga sangat meningkat,” kata Yohanes.

Dia berharap, dengan fasilitas yang cukup memadai pelayanan kesehatan dan perekonomian masyarakat di Makale Selatan kedepan akan semakin baik.

Diketahui, serah terima pekerjaan rabat beton jalan berlangsung di aula Puskesmas Sandabikik, dihadiri langsung Pimpinan PT Malea Energy, Victor Datuan Batara dan diterima Kepala Dinas Kesehatan, Rudi Andilolo mewakili pemerintah daerah (Pemda).

Pendandatanganan dan serah terima aset disaksikan lebih dari setengah Anggota DPRD Tana Toraja, Camat, Lurah dan Kepala lembang se-Makale Selatan serta tokoh masyarakat setempat.