BeritaMakaleTana Toraja

Yayasan Bejana Kasih Bekerjasama Dinas Tenaga Kerja Tana Toraja Gelar Pelatihan Alat Berat

×

Yayasan Bejana Kasih Bekerjasama Dinas Tenaga Kerja Tana Toraja Gelar Pelatihan Alat Berat

Sebarkan artikel ini

Tuppa Batara dan Arnold Paluang bersama peserta kursus alat berat di kantor Yayasan Bejana Kasih

Ramapos.com, Tana Toraja – Yayasan Bejana Kasih (Yabeka) Indonesia bekerjasama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tana Toraja mengadakan lembaga kursus dan pelatihan (LPK) alat berat.

Program pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi ini berjalan mulai 16 April 2024 di Kantor Yayasan Bejana Kasih Indonesia, Batupapan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Tana Toraja, Tuppa Batara mengatakan LKP digelar untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Tana Toraja. Sehingga peluang kerja lebih besar.

“Karena tidak ada balai latihan kerja yang ada di Kabupaten Tana Toraja sehingga kami harus mencari dan bekerjasama dengan lembaga, salah satunya Yayasan Bejana Kasih Indonesia untuk melakukan pelatihan kerja,” kata Tuppa kepada Ramapos seusai meninjau peserta kursus, Selasa 30 Mei 2024.

“Pelatihan ini untuk menghasilkan skil yang berkompetensi agar bisa mendapat peluang kerja karena memiliki sertifikat,” jelasnya.

Dengan demikian, lembaga kursus dan pelatihan alat berat akan menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dan harapan kami selaku dinas ketenagakerjaan kabupaten Tana Toraja adalah selesai pelatihan jangan tinggal di rumah melainkan untuk menghubungi kami untuk mencari peluang kerja di perusahaan-perusahaan yang besar,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LKP Yabeka, Arnold Paluang mengatakan yayasannya berupaya menjadikan generasi Toraja berkarakter sehingga memiliki daya saing kuat dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan.

“Yayasan bejana kasih Indonesia akan selalu siap dalam membantu masyarakat baik dalam pendidikan formal maupun non formal demi terciptanya generasi yang berkarakter dan memiliki daya saing,” ungkapnya.

Kata Arnold, kemampuan SDM Toraja masih di bawah rata-rata untuk bersaing sebab minimnya wadah pelatihan. Karena itu dirinya mendirikan yayasan untuk membantu pemerintah mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Lembaga kursus dan Pelatihan (LKP) Yayasan Bejana Kasih (YABEKA) Indonesia memiliki Visi yakni menjadi yayasan pendidikan, sosial dan kemanusiaan yang unggul dalam memberikan pelayanan secara efektif, kreatif, inovatif dan peduli terhadap kebutuhan masyarakat demi terciptanya insan yang berahlak mulia dan bermartabat,” ujarnya.

Berikut struktur pengurus Yayasan Bejana Kasih Tana Toraja:

Ketua : Arnold Paluang, S.Pd

Sekretaris : Peronika Suwin, S. Tr. par

Bendahara : Cleofatra Fortuna Jancova

Instruktur Welding : Herson Marthen, S.Pd

Instruktur Alat Berat : Ronal Sugiri, S.Pd